Tips & Trick membuat Event

Ingin Membuat Event Yuk Simak

MC. Yadi

6/4/20242 min baca

person discussing while standing in front of a large screen in front of people inside dim-lighted room
person discussing while standing in front of a large screen in front of people inside dim-lighted room

Berencana mengadakan event tapi bingung mulai dari mana? Untuk mengadakan event besar maupun kecil. Persiapkan perencanaan yang matang dan kinerja tim yang baik, lebih baik lagi pilih tim yang berkompeten dalam menangani event.

1. Menyiapkan tema dan konsep event

Salah satu faktor yang penting dalam cara mengelola event yaitu tema dan konsep event. Tema yang unik dan konsep anti mainstream lebih berkesan bagi para orang-orang yang terlibat di dalamnya. Tuangkan ide kreatif kalian bersama-sama dan jadikan satu ide konsep yang luar biasa untuk kesuksesan event.

2. Pembagian tugas dalam tim

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah pembagian beberapa divisi event. Bagilah panitia ke beberapa divisi dan pastikan tiap divisi mempunyai job desc yang jelas. Dalam rangka untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan, setiap orang harus paham dengan peran masing-masing. Hal ini dapat dipastikan melalui penyusunan jadwal rinci event ditambah dengan peran dan tanggung jawab untuk setiap orang.

3. Persiapkan rundown

Cenderung kebanyakan orang menyepelekan rundown dan berakibat fatal pada event yang diselenggarakan. Pastikan buat rundown jauh-jauh hari untuk mempersiapkan event, dengan perencanaan yang matang dan anggota tim memahami betul isi event tersebut.

5. Venue Acara

Venua acara merupakan factor penting untuk kita dapat melaksanakan acara, tanpa ada nya venue kita tidak bias melkasanakan acara, baiknya kita perlu 2 sampe 4 pembanding acara, karena venue sangat berpengaruh terhadap tema acara yang akan kita jalankan.

6. Vendor

Penting untuk mencari vendor yang memang terpercaya untuk event kamu, karena jika vendor event kam tidak terpercaya event kamu kana menjadi berantakan, coba bandingkan beberapa vendor sekaligus dan lihat bagaimana layanan fasilitasnya, serta harga yang ditawarkan. Dengan lihat perbandingan kamu semakin punya pilihan untuk menentukan vendor terbaik event kamu.

7. Anggaran ( RAB )

Pengelolaan anggaran dan keuangan dengan bijak adalah unsur kunci dalam perencanaan event. Hal ini memerlukan penciptaan anggaran yang rinci dan realistis, serta pemantauan dan penyesuaian yang cermat sepanjang proses perencanaan dan pelaksanaan event.

8. Membuat timeline

membuat timeline atau jadwal persiapan sampai dengan pelaksanaan acara tersebut. Apabila perlu, buat juga timeline untuk melakukan evaluasi agar dapat belajar dari penyelenggaraan event tersebut.

Perlu kita ingat, sebuah acara yang sukses tidak hanya tergantung pada hari H berlangsung dengan lancar atau tidak. Tetapi kesuksesan acara juga bergantung pada proses perencanannya, dan kerjasama tim menjadi hal yang paling penting.

Semoga informasi cara membuat konsep acara yang menarik bak event organizer ini bisa membantu kamu mewujudkan sebuah acara yang menarik dan sukses.